Penyebab Utama Orang Tidak Mau Membaca

Jikalau kita berbicara tentang membaca, membaca menurut Ensiklopedia Indonesia adalah kegiatan meresepsi, menganalisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Sedangkan menurut pemikiran saya Membaca itu adalah suatu proses interaksi mata dengan beberapa huruf kemudian menjadi figur pengertian.
itulah membaca menurut saya, walaupun agak meleyeng sihh, hehehe
Membaca itu sangat perlu di terapkan oleh kita dalam kehidupan sehari hari, dengan kita tidak nya membaca dalam sehari saja, maka mata kita tidak akan terlatih dalam membaca cepat dan mempunyai kelemahan-kelemahan dibandingkan dengan orang yang selalu membaca. Orang yang rajin membaca mata nya akan terlihat lain dengan orang yang tidak pernah membaca atau jarang membaca. Riset menunjukan bahwa mata orang yang membaca lebih celih atau teliti dari pada orang yang jarang membaca.
membaca itu juga merupakan jembatan ilmu, mengapa orang mengatakan demikin ? karana dengan kita membaca, otomatis kita akan mendapat ilmu dan pengetahuan, iya bukan ? hehehe. Coba anda lihat para ilmuan, mereka tidak pernah lari dari membaca, bahkan kemana pun mereka pasti membaca baik itu buku, koran, ataupun lainnya. Jadi jikalu kita ingin berhasil kunci utamanya ialah degan kita membaca, Jadi pertanyaan nya, mengapa kita tidak mau membaca ? atau mengapa kita malas untuk membaca ? dan Apa penyebab utama orang tidak mau membaca ? karena dengan adanaya kita membaca kita pasti akan berhasil dalam segala hal, tergantung dari apa yang kita baca.
Penyebab utama orang tidak mau membaca adalah sebagai berikut :
  •  Malas , faktor ini yang lebih dominan di kalangan masyarakat luas, setelah kita perhatikan baik-baik setelah kita melihat orang yang melihat buku atau membaca buku dia pasti melihat cover depan nya saja dan melihat isi dengan sekejap saja. Malas ini adalah suatu penyakit yang tidak ada obatnya, ia bukan ? jikalu ada obatnya saya yang akan beli duluan, hehehe. Ternyata perlu anda ketahui juga malas itu datang nya bukan dari kita, tapi dari jin dan syitan yang menghasut kita agar kita tidak mau melakuna hal hal yang bermamfaat contoh nya membaca, membaca Al quran, dan lain lain.
  • Gengsi, Penyakita yang satu ini memang tidak bisa di hapuskan, bagaimana tidak jikalau kita membaca terus ada teman kita yang bilang "jangan sok anak pembaca deh ", kata kata itu tidak lepas dari kita jikalu kita membaca, saran saya jangan anda pedulikan orang yang bilang demikian, cukup anda balas "karna itulah kamu bodoh, kamu tidak pernah membaca siih", kata kata demikian akan membuat dia sakit hati dan malu dengan perkataan nya tadi. Jadi Untuk menghilangkan gengsi ini, Kita cuma harus menutup kuping dan Melangkah kedepan tanpa ragu ragu. eeyaaaaak  heheheh

  • Membuang Waktu saja, Kebanyakan orang kita beranggapan bahwa membaca itu hanya membuang waktu saja, dan tidak bermamfaat, kata siapa coba ? ngga ada orang yang sukses karna malas membaca iya bukan ? kebanyakan orang yang sukses buku tidak pernah lepas darinya malahan di bawa kemana-mana bahkan ke tolet pun dia membaca, biak itu koran, majalah dan lain lain asal jangan membaca  Alquran aja ya gais, itu sih berdosa jadi nya, bukan bermamfaat tapi malah dapat dosa. Jadi jikalu orang berangapan kalau membaca itu membuang waktu, itu merupakan kesalahan besar dan untuk mengatasi nya, buatlah jadwal untuk kita membaca dalam sehari, misalnya kita sisipkan 15 menit 1 hari untuk membaca atau lebih, karna itu lebih baik dari pada kita main main.

  • Terlalu banyak untuk di baca, Mungkin kita beranggapan bahwa membaca buku itu tidak akan selesai dalam waktu 15 menit, dan masih banyak buku lain yang akan dibaca, Saran saya jangan anda pernah berpkiran seperti itu, karna jikalu anda berpikir begitu dengan target akan membaca seluruh buku, itu juga salah broo,, yang penting dari membaca itu bukan banyaknya buku yang akan kita baca, tetapi seberapa banyak Ilmu di kepala kita itu yang paling penting. Dan saya sarankan juga membaca itu santai santai aja, supaya ilmu itu mengalir tenang di pikiran kita dan tidak membuat kepala kita mentok jadi nya, itu sebenarnya kunci membaca jangan membaca dengan buru buru dan gelisah, santai aja dan pasti ilmu iti akan masuk ke kepala kita. Dan solusi terbaik untuk masalah no 4 ialah Camkan dalam kepala kita bahwa kita membaca bukan mengejar target, akan tetapi mencari ilmu yang bermamfaat bagi kita dalam kehidupan sehari hari.
  •  Tidak adanya minat, beberapa orang menjawab mengapa anda tidak mau membaca ?? Dia mengatakan saya tidak berminat, Sebenarnya itu bukan jawaban namanya, tapi itu alasan untuk dirinya agar tidak mau membaca, sama aja yaakk, hehehhe. Minat itu bukan untuk di hilangkan tetapi untuk di tingkatkan terus agarmnat kita itu bertambah dan bergejola dan membaut kita hobi dalam hal tersebut, menurut saya minat itu bisa berubah jadi hobi, mengapa saya katakan demikian ? kebanyakan dari kita memulai suatu pekerjaan contoh nya kita mencari lowongan pekerjaan, setelah anda cari dan mendapatkan kerja tersebut, dan mulai anda menyukai pekerjaan tersebut dan akhirnya menjadi hobi yang susah tidak di lakukan, benar bukkaaan ? awal nya di mulai dari minat dan berubah menjadi hobi yang susah untuk tidak di kerjakan. Jadi untuk kita selalu ingin membaca jangan jadikan sebagai minat akan tetapi jadikanlah sebagai hobi.
  Jadi kesimpulan dari Faktor penyebab utama orang tidak mau membaca dia atas ialah Jangan Malas, Gengsi, Jangan beranggapan  membuang waktu, jangan mengejar target dengan berpikiran terlalu banyak untuk di baca, dan Tanamkan Minat anda ke dalam membaca baik itu buku, majalah, koran, dan lain-lain.


Comments

  1. bagus banget artikel nya kak terimakasih atas ulasan nya
    🙂 jangan lupa mampir di website dynda juga yaa kak 🙂
    http://www.kartumantap.com untuk saran dan masukan nya bisa di isi di
    kolom komentar yaa kak 🙂 terimakasih :*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

hipotesis louis de broglie

Cara Hack Nama Fb Teman dengan Mudah

Cara Ngerjain FB Orang lain Mudah dan Terjamin